Hak Asasi Manusia dalam Islam

Islam adalah agama yang sangat menghormati nilai-nilai kemanusiaan. Karena tingginya penghormatan Islam terhadap nilai kemanusiaan, maka hak-hak dasar manusia yang suci dilindungi oleh Islam. Hak itu meliputi:
a. Hak hidup
Hak ini adalah hak dasar manusia yang harus dilindungi, yang merupakan anugerah yang diberikan oleh Allah kepada manusia. Untuk melindungi hak tersebut Allah berfirman dalam QS. Al Maai’dah: 32 dan QS. Al Israa’: 33.
b. Hak milik
Islam melindungi harta yang dimiliki baik secara individu maupun kolektif. Setiap usaha pengambilan kepemilikan secara tidak sama merupakan bentuk pelanggaran (surat Al Baqarah ayat 188)
c. Hak kehormatan
Manusia adalah makhluk mulia yang secara fitrah harus dihormati dan dihargai. Allah melarang manusia saling menghina, mencela dan mencaci maki yang akan mencederai kehormatannya (Al Hujuraat: 11-12)
d. Hak persamaan
Manusia dalam Islam dipandang sama, tidak dilihat dari sisi ras, gender, kulit, kebangsaan dll melainkan dari ketakwaannya (QS Al Hujuraat: 13)
Karena semua manusia sama, maka sesama manusia harus saling menghormati (QS Al Israa’: 70, QS Ali Imran: 195, QS An Nisaa’: 32, QS An Nahl: 58-59).

  • Persamaan hak dalam hukum (QS. Al Maai’dah: 8)
  • Persamaan hak memprotes penyelewengan (Al Mukmin: 81)
  • Persamaan kedudukan dalam pemerintahan (Al Hujurat: 13)

e. Hak kebebasan
Islam menyatakan bahwa setiap manusia lahir dalam kondisi fitrah atau suci, karena itu manusia memiliki kebebasan yang disesuaikan dengan prinsip keadilan dll. Salah satu bentuk pengingkaran terhadap kebebasan adalah perbudakan (HR Bukhari dan Ibn Majah)
Kebebasan sifatnya terbatas sesuai dengan fitrah keterbatasan manusia itu sendiri, prinsip dalam Islam adalah kebebasan yang tidak mengingkari kebebasan itu sendiri, dengan kata lain kebebasan yang bertanggung jawab, yang bisa mengantarkan kepada terciptanya kemaslahatan bagi semua orang (QS At Taubah: 71, QS Al Hajj: 41)
Kebebasan itu meliputi kebebasan dalam berbagai hal, sebagian bentuk kebebasan adalah sebagai berikut:

  • Kebebasan berekspresi
  • Kebebasan berpikir dan menyatakan pendapat
  • Kebebasan beragama
  • Kebebasan bermusyawarah
  • Kebebasan berpindah tempat

esty indrasari – yogi prastomo – tito indra prastomo – tara indra prastomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
error: Content is protected !!