Konsep civil society dan masyarakat madani

Masyarakat adalah sejumlah individu yang hidup bersama dalam suatu wilayah tertentu, bergaul dalam jangka waktu yang lama sehingga menimbulkan kesadaran pada diri setiap anggotanya sebagai suatu kesatuan.

Masyarakat beradab dan sejahtera merupakan terjemahan dari bahasa Inggris civil society dan masyarakat madani.

Civil Society senantiasa bercirikan kebebasan serta keterlepasan dari keterbatasan-keterbatasan oleh kekuasaan. Konsepnya lebih mengarah pada para usahawan (sipil) dengan kebebasan dalam mengembangkan usahanya yang terbebas dari pembatasan negara. Dalam wacana kontemporer, istilah civil society lebih kuat tekanannya terhadap lembaga-lembaga non pemerintah atau lembaga swadaya masyarakat dimana bebas dari kekuasaan negara untuk mengekspresikan hak-haknya sebagai warga negara.

Sedangkan masyarakat madani merujuk kepada masyarakat madinah yang dibangun oleh Nabi Muhammad di madinah. Masyarakat madani yang dideklarasikan oleh Nabi adalah masyarakat yang adil, terbuka dan demokratis, dengan landasan takwa kepada Allah dan taat kepada ajaran Nya. Takwa kepada Allah adalah semangat ketuhanan yang diwujudkan dengan membangun hubungan yang baik dengan Allah dan manusia, yang harus dilandasi dengan berbudi luhur dan akhlak mulia. Pada intinya baik civil society maupun masyarakat madani memiliki semangat yang sama, yakni suatu masyarakat yang adil, terbuka, demokratis dan sejahtera dengan kualitas keadaban warganya.


esty indrasari – yogi prastomo – tito indra prastomo – tara indra prastomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
error: Content is protected !!