Fungsi Pajak menurut Richard A Musgrave

Fungsi Pajak menurut Richard A Musgrave

1. Fungsi Budgetair

Fungsi ini merupakan fungsi utama pajak atau fungsi fiskal, yaitu fungsi pajak sebagai alat untuk memasukan dana secara optimal ke kas negara berdasarkan undang-undang perpajakan yang berlaku. Sebagai konsekuensinya, pengenaan pajak tidak membedakan dari sebab yang dilarang atau tidak dilarang dalam undang-undang.

2. Fungsi Regulerend

Fungsi ini merupakan fungsi tambahan karena hasil penerimaan dari pajak harus digunakan untuk mengatur pemerintahan secara adil. Pajak yang memiliki pengaruh dalam politik anggaran dan keuangan dapat berperan sebagai instrumen untuk ikut serta mengatur agar pungutan pajak dapat dipatuhi karena dirasakan adil bagi masyarakat. Fungsi mengatur dari pajak dimaksudkan bahwa pajak itu dapat dipergunakan sebagai alat untuk mengatur pelaksanaan kebijakan negara dalam lapangan ekonomi dan sosial. Fungsi tersebut dapat diwujudkan dalam suatu bentuk paket kebijakan perpajakan (fiscal policy) secara khusus, misalnya insentif pajak terhadap para investor, tidak mengenakan suatu pajak tertentu di daerah kawasan berikat, mengenakan tarif pajak yang tinggi terhadap penjualan minuman beralkohol dsb.

3. Fungsi Distribution of Income

Pajak yang dipungut pemerintah didistribusikan kembali kepada masyarakat sehingga pendapatan nasional melalui pajak dapat dikontribusikan merata di seluruh lapisan masyarakat. Dlam teori hk pajak disebut dengan earmarking tax yaitu bahwa penerimaan pajak harus diperuntukan kembali kepada masyarakat. Dengan adanya fungsi ini memberikan stimulus agar masyarakat patuh membayar pajak, ikut juga mengawasi penggunaan dari penerimaan pajak.

4. Funsi Harmonization of Political Wants and Economy

Kepentingan pemerintah dalam memungut pajak harus jelas sesuai dengan peraturan perpajakan, namun tetap memperhatikan keserasian keadaan politik dan ekonomi negara.

5. Fungsi Stabilization of Economy

Pajak merupakan alat untuk menstabilkan perekonomian karena dengan pajak akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi yang berdampak pada lapangan kerja, stabilitas harga, inflasi neraca perdagangan, dst.

esty indrasari – yogi prastomo – tito indra prastomo – tara indra prastomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
error: Content is protected !!