Pentingnya mempelajari Ilmu Negara dan Ilmu Hukum

Ilmu negara (dalam bahasa Belanda disebut Staatsleer) adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang negara secara abstrak, terlepas dari tempat, keadaan dan waktu.

Tujuan mempelajari Ilmu Negara adalah:

Tujuan akademis, yaitu: untuk memahami persoalan-persoalan yang berkaitan dengan Negara dengan metode dan pendekatan kenegaraan (politik) dan hukum dan sebagai dasar untuk mengantarkan memasuki Ilmu hukum tata negara.

Tujuan praktis, yaitu: memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang dasar-dasar kenegaraan dari sisi hukum dan mampu menganalisa secara ilmiah dan obyektif kedinamikaan Negara, seperti bagaimana bentuk negara, system pemerintahaan, sifat demokrasi, bentuk pemerintahan, asal mula Negara, tujuan negara, struktur Negara dan berbagai pandangan fllosof kenegaraan tentang hal-hal tersebut diatas.

Manfaat mempelajari Ilmu Negara adalah sebagai bahan kajian kenegaraan ketika memasuki kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa dalam berbagai dimensi status atau kedudukan manusia dalam kehidupan disuatu Negara.

Obyek Ilmu Negara, adalah Negara dalam arti umum (general) tidak terbatas waktu, tempat dan ruang) jadi ketika ilmu Negara dalam arti umum dengan kata lain konsep Negara yang ada di dunia ini dari masa lalu, saat ini maupun prediksi ke masa depan adalah menjadi obyek kajian ilmu Negara.

Karena obyek ilmu Negara sangat general, maka obyek kajiannya bisa bersinggungan dengan disiplin ilmu lain misalnya ilmu hukum. Hal ini sangat penting karena untuk dapat mengimplementasikan kaidah dan norma hukum perlu mengetahui karakter, struktur, sistem pemerintahan dan lain-lain. Ilmu Negara adalah bagian ilmu pengetahuan kenegaraan yang memiliki cara pandang tentang hukum baik hukum dasar tertulis maupun hukum dasar tidak tertulis untuk membentuk Negara menjadi Negara hukum.

esty indrasari – yogi prastomo – tito indra prastomo – tara indra prastomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow by Email
LinkedIn
error: Content is protected !!